Skip to content

Pengertian Drama dan Teater

by on 26 March 2009

1. DRAMA

Drama berarti perbuatan, tindakan. Berasal dari bahasa Yunani “draomai” yang berarti berbuat, berlaku, bertindak dan sebagainya. Drama adalah hidup yang dilukiskan dengan gerak. Konflik dari sifat manusia merupakan sumber pokok drama

Dalam bahasa Belanda, drama adalah toneel, yang kemudian oleh PKG Mangkunegara VII dibuat istilah Sandiwara.

Drama (Yunani Kuno δρμα) adalah satu bentuk karya sastra yang memiliki bagian untuk diperankan oleh aktor. Kosakata ini berasal dari Bahasa Yunani yang berarti “aksi”, “perbuatan”. Drama bisa diwujudkan dengan berbagai media: di atas panggung, film, dan atau televisi. Drama juga terkadang dikombinasikan dengan musik dan tarian, sebagaimana sebuah opera.

2. TEATER

Secara etimologis : Teater adalah gedung pertunjukan atau auditorium. Dalam arti luas, teater ialah segala tontonan yang dipertunjukkan di depan orang banyak. Teater bisa juga diartikan sebagai drama, kisah hidup dan kehidupan manusia yang diceritakan di atas pentas dengan media : Percakapan, gerak dan laku didasarkan pada naskah yang tertulis ditunjang oleh dekor, musik, nyanyian, tarian, dsb.

Teater (Bahasa Inggris “theater” atau “theatre”, Bahasa Perancisthéâtre” berasal dari Bahasa Yunani “theatron”, θέατρον, yang berarti “tempat untuk menonton”) adalah cabang dari seni pertunjukan yang berkaitan dengan akting/seni peran di depan penonton dengan menggunakan gabungan dari ucapan, gestur (gerak tubuh), mimik, boneka, musik, tari dan lain-lain. Bernard Beckerman, kepala departemen drama di Univesitas Hofstra, New York, dalam bukunya, Dynamics of Drama, mendefinisikan teater sebagai ” yang terjadi ketika seorang manusia atau lebih, terisolasi dalam suatu waktu/atau ruang, menghadirkan diri mereka pada orang lain.” Teater bisa juga berbentuk: opera, ballet, mime, kabuki, pertunjukan boneka, tari India klasik, Kunqu, mummers play, improvisasi performance serta pantomim.

3. AKTING YANG BAIK

Akting tidak hanya berupa dialog saja, tetapi juga berupa gerak.

Dialog yang baik ialah dialog yang :

1. terdengar (volume baik)

2. jelas (artikulasi baik)

3. dimengerti (lafal benar)

4. menghayati (sesuai dengan tuntutan/jiwa peran yang ditentukan dalam naskah)

5. Gerak yang balk ialah gerak yang :

6. terlihat (blocking baik)

7. jelas (tidak ragu‑ragu, meyakinkan)

8. dimengerti (sesuai dengan hukum gerak dalam kehidupan)

9. menghayati (sesuai dengan tuntutan/jiwa peran yang ditentukan dalam naskah)

Penjelasan :

1. Volume suara yang baik ialah suara yang dapat terdengar sampai jauh.

2. Artikulasi yang baik ialah pengucapan yang jelas. Setiap suku kata terucap dengan jelas dan terang meskipun diucapkan dengan cepat sekali. Jangan terjadi kata‑kata yang diucapkan menjadi tumpang tindih.

3. Lafal yang benar pengucapan kata yang sesuai dengan hukum pengucapan bahasa yang dipakai . Misalnya berani yang berarti “tidak takut” harus diucapkan berani bukan ber‑ani.

4. Menghayati atau menjiwai berarti tekanan atau lagu ucapan harus dapat menimbulkan kesan yang sesuai dengan tuntutan peran dalam naskah.

5. Blocking ialah penempatan pemain di panggung, diusahakan antara pemain yang satu dengan yang lainnya tidak saling menutupi sehingga penonton tidak dapat melihat pemain yang ditutupi.

6. Pemain lebih baik terlihat sebagian besar bagian depan tubuh daripada terlihat sebagian besar belakang tubuh. Hal ini dapat diatur dengan patokan sebagai berikut

a. Kalau berdiri menghadap ke kanan, maka kaki kanan sebaiknya berada didepan.

b. Kalau berdiri menghadap ke kiri, maka kaki kiri sebaiknya berada didepan.

c. Harus diatur pula balance para pemain di panggung. Jangan sampai seluruh pemain mengelompok di satu tempat. Dalam hal mengatur balance, komposisinya:

· Bagian kanan lebih berat daripada kiri

· Bagian depan lebih berat daripada belakang

· Yang tinggi lebih berat daripada yang rendah

· Yang lebar lebih berat daripada yang sempit

· Yang terang lebih berat daripada yang gelap

· Menghadap lebih berat daripada yang membelakangi

Komposisi diatur tidak hanya bertujuan untuk enak dilihat tetapi juga untuk mewarnai sesuai adegan yang berlangsung; Jelas, tidak ragu‑ragu, meyakinkan, mempunyai pengertian bahwa gerak yang dilakukan jangan setengah‑setengah bahkan jangan sampai berlebihan. Kalau ragu‑ragu terkesan kaku sedangkan kalau berlebihan terkesan over acting. Dimengerti, berarti apa yang kita wujudkan dalam bentuk gerak tidak menyimpang dari hukum gerak dalam kehidupan. Misalnya bila mengangkat barang yang berat dengan tangan kanan, maka tubuh kita akan miring ke kiri, dsb. Menghayati berarti gerak‑gerak anggota tubuh maupun gerak wajah harus sesuai tuntutan peran dalam naskah, termasuk pula bentuk dan usia.

Akmal MR

About these ads
66 Comments
  1. mari kita menjalin komunikasi antar pekerja teater
    kunjungi Teater di Internet
    http://daenk-spd.blogspot.com

  2. makasih ya…

  3. diqi permalink

    saya seorang mahasiswa broadcast yang sedang mengerjakan tugas akhir,boleh minta definisi mengenai adegan,dan adegan yang optimal itu seperti apa? juga mengenai segala sesuatu yang berkenaan dengan adegan. tolong kirim ke email saya terima kasih.

  4. diqi permalink

    boleh minta definisi adegan dan segala sesuatu yang bekenaan dengan adegan. saya sedang mengerjakan tugas akhir dan butuh banyak sumber…terima kasih

  5. ardiansah permalink

    saya mau menceri refrensi tentang hubungan ilustrasi musik drama dengan pertunjukan drama atau teater.bagaimana pengaruh musik pada drama….

    • Bagaimana musik dianggap penting untuk diapresiasi secara khusus ketika ia menyanding beragam seni atau cerita, baik yang muncul di radio, televisi, bioskop, maupun ruang-ruang pertunjukan? Pernahkah Anda, dari tumpah ruahnya tontonan film, sinetron, ataupun seni drama/teater abad ini, lebih memilih menikmati musiknya saja daripada ceritanya? Atau Anda mengabaikan musiknya begitu saja, tak menghiraukannya dan hanya berfokus pada cerita? Ataukah Anda menganggap musik dan cerita sama-sama pentingnya? Mungkin jawaban bisa seragam: musik dan cerita sama-sama penting! Bagaimana pun juga, musik adalah faktor ketajaman telinga. Dan, bicara topik satu ini adalah benang merah trilogis antara musik, mata, dan telinga.

  6. adji permalink

    minta devinisi artikulasi dalam teaterdong

  7. adji permalink

    minta devinisi artikulasi dalam teater donk?

    • Yang dimaksud dengan artikulasi pada teater adalah pengucapan kata melalui mulut agar terdengar dengan baik dan benar serta jelas, sehingga telinga pendengar/penonton dapat mengerti pada kata kata yang diucapkan.
      Pada pengertian artikulasi ini dapat ditemukan beberapa sebab yang mongakibatkan terjadinya artikulasi yang kurang/tidak benar, yaitu :
      1. Cacat artikulasi alam : cacat artikulasi ini dialami oleh orang yang berbicara gagap atau orang yang sulit mengucapkan salah satu konsonon, misalnya ‘r’, dan sebagainya.
      2. Artikulasi jelek ini bukan disebabkan karena cacat artikulasi, melainkan terjadi sewaktu waktu. Hal ini sering terjadi pada pengucapan naskah/dialog.

      trims…
      Akmal M.Roem

  8. mrs ridz permalink

    bagus bangat blog kamu ini..banyak bagi aku sumber tentang bidang teater..makasih…

  9. Man Hk permalink

    Penggunaan kata ‘drama’ hendaknya selalu disertakan pada pembagian jenis/bentuknya agar tidak terjadi kesalahpahaman memaknakan ‘drama’.
    Teater hakekatya drama juga (drama teater). Ada satu lagi istilah drama yang harus dimuculkan, yaitu drama sastra.
    Bedanya, drama sastra hanya sampai pada pernaskahan sedangkan drama teater sama dengan drama panggung, lebih banyak berhubungan dengan pementasan. Adapun drama film dan drama radio merupakan cuplikan dari teater (pementasan).
    Lalu apa sesungguhnya ‘drama’? Drama diartikan sebagai peniruan dari sesuatu yang sesungguhnya. Apapun yang sifatnya peniruan bisa disebut sebagai drama. Tidak heran kalau ada orang mengatakan kehidupan di dunia adalah DRAMA dari kehidupan yang sesungguhnya (Akhirat).

  10. made permalink

    kk pnya musik seram untuk drama g .. ?
    klo ada bgi dunk ..
    lusa mw pentas tp blm da musiknya

  11. yaman alomorf permalink

    tenks ya bt makalahx….

    bagus bgt!!!

    saya jadi bisa tau lebih banyak tentang drama dan teater

  12. amhy permalink

    waaaaaaaaaahhhhhhhhhhhh dunia drama emang seru bangettttttttt,jadi pengen memper dalam di teater nie……

  13. hmmm apa perbedaan teater,sandiwara, dan drama>???????????????????
    ayooooooooo tolongin yap!!

  14. mia permalink

    mau nanya ihh kak .
    saya ada tugas untuk mndownload percakapan dialog teater untuk 10 orang, saya ggatau mau ngdownload dmna .

  15. putri permalink

    aku mo minta tolong nech.
    tolong kirim naskah drama apa aja yang bagus,
    trus kirim k alamat e-mailq.
    thanks…

  16. Ridho permalink

    Aku punya tugas”PEN

  17. Ridho permalink

    Aku punya tugas”PENGERTIAN DRAMA MENURUT PARA AHLI”

    Bsa krim bantu gk? klau bsa krim aja ke alamat Email ku!!!

    “Thank”

  18. Ridho permalink

    Aku punya tugas”PENGERTIAN DRAMA MENURUT PARA AHLI”

    Bsa bantu gk? kalau bsa krim aja ke alamat Email ku!!!

    “Thank”

  19. Zoids permalink

    Aku mau nanya “10 Pengertian Drama Menurut para ahli” tolong dibantu ‘ya!
    “makasih”

  20. fitri permalink

    Aku punya tugas “drama seni teater”
    bs bntu ga?

  21. Resta permalink

    bagus buat tugas..
    makasih.

  22. Oman permalink

    iya ih nyari Pengertian Drama Menurut Para Ahli,, susahnyuaaaaa mnt ampiuuunnn.

  23. web ini , udah bantu aku ngerjain tugas . :D

  24. tesa permalink

    tolong kasih conth drama yg kocak

  25. Trima kasih, sangat membantu sekali untuk mengerjakan tugas.

  26. Trima kasih telah diizinkan untuk membaca situs ini, sangat membantu dalam menyelesaikan tugas dari dosen Bahasa Indonesia.

  27. Tolong kasih tau pengertian dari drama sastra ya??
    Makasi sebelumnya…

  28. Tolong ya kasih tau pengertian dari drama sastra??
    Aq ga tau nh artinya
    makasih ya

  29. iersa permalink

    Kok pengertiannya kurang lengkap ya?????????????

  30. rudy permalink

    bisa tolong anda jelaskan unsur-unsur terpenting dalam pementasan drama theater ?
    maaf, saya msih blum mengerti itu. . .

  31. rudy permalink

    emmm.. . .
    sebenarnya apa sich fungsi pementasan sebuah drama?

  32. clara permalink

    alhamdulilah saya mendapat kemudahan ,lumayan menarik pembahasannya :)

  33. Klo bisa,pnjelasan tntg drma’x lebih dri pnjelsan yg ad d buku.
    Biar si pncari mudh & serius belajar

  34. bucu04 halLas permalink

    makasih infox……..
    unsur”drama.juga yy

  35. Akmal Ardiansyah permalink

    Semangat tetap berkarya dan inovatif!!!! Q suka dunia Seni (^_^)….

  36. nama saya:Andri Yono,dari Padang.
    mkasih entri sngat lngkap..
    tp q mnta tlong utk di tampilkan entri tntang seni rupa?
    trima kasih…

  37. Afillah fathima fauziyyah permalink

    Nama saya:phiphit,dari Padang.
    maaf sebelumx ngomong2 mana yah sanggar teater yang ada di Indonesia beserta berdirinya?????
    soalx tugasku begitu tolong yah!!!!!!!!!!!!!!! :( :)
    B)

    • Hallo, Phiphit…
      Sanggar Teater di Indonesia itu sangat banyak. Pendirinya juga ngak terdeteksi semua. buat aja beberapa yang paling diingat. Semacam Rendra di Bengkel Teater nya… dan lainnya.. terima kasih

  38. nama : Kevin dari Lampung
    boleh nanyak gak,drama dikenalkan ke *id* atau Indonesia kapan yah + oleh negara apa?
    tolong jawab ya

  39. prasalexyo permalink

    klo boleh tau teater berjangka itu seperti apa?

  40. iyank permalink

    kang… ikut copy ya… buat tugas z ^ ^ hatur nuhun

  41. Baim permalink

    Tolong jelaskan tentang drama donk?

  42. Ate nurhayate permalink

    kl artinya seni drama dan teater apa?

  43. eltha maisti utami permalink

    mkasih ya…:)

  44. FARA NABILLA permalink

    PLACE…………
    JELASKAN TENTANG DRAMA???????????????????????:)

  45. Anisa permalink

    KAK,, MINTA BANTUAN DONG?AKU IGN TERJUN DI TEATER DAN PINGIN BANGET MENDALAMI TEATER BAGAIMANA CARANYA KAK?

  46. yeni listiani permalink

    saya minta devinisi blocking dong
    tllong ksih tau yh penting

  47. yeni listiani permalink

    saya minta gambar blocking dan pengertian setiap block dong

  48. Julia Aristy permalink

    Kak pengertian blocking , positioning dalam drama ?

  49. kak minta contoh denah positioning dan pengertian blocking

  50. terimakasih …
    saya ijin copi artikelnya …
    guna menyelesikan tugas teater…
    saya mahasiswi Universitas Muhammadiyah Tangerang
    Jurusan PG-PAUD semester VI
    Follow Me…
    Trims…

Trackbacks & Pingbacks

  1. CONTOH MAKALAH PENGERTIAN DRAMA « sababjalal
  2. PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA ” Teater Satua Bali sebagai Konsep Awal Pembentukan Karakter Anak TK” « Studi Matematika
  3. Unsur-Unsur Drama dan Metodenya | bocahsastra

saya akan balas segera

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 957 other followers

%d bloggers like this: